Selamat Datang di situs resmi Olimpiade PeneMu (Peneliti Muda) 2013

Jumat, 18 Mei 2012

Tentang APEC Future Scientist (AFSC)


 APEC Future Scientist Conference atau yang disingkat AFSC adalah ajang pertemuan antar peneliti – peneliti belia yang diselenggarakan oleh  APEC Monitoring for The Gifted in Science (AMGS) yang bermarkas di Korea dan beberapa negara sponsor. Ajang ini berlangsung setiap tahun sekali dan Indonesia sudah mengikuti sejak tahun 2010 (AFSC ke-2). Tahun 2012, Indonesia mendapat kehormatan sebagai tuan rumah. Oleh Kementrian Riset dan Teknologi, ditunjuklah Semarang sebagai tuan rumah untuk menjamu tamu – tamu terhormat dari 16  negara yang tergabung dalam APEC (Asia Pasific Economic Cooperation). Tidak kurang dari 12 Profesor dari Universitas terkemuka Asia, 30 mentor/guru dan 120 siswa – siswa pilihan mengikuti konferensi yang iselenggarakan selama 5 hari di Semarang. Pada tahun 2013, AFSC ke-5 diselenggarakan di Kyungnam University, kota Changwon Propinsi Gyungnam Korea Selatan.

Indonesia sendiri mendapat kehormatan mengirimkan 9 siswa pilihan pada ajang AFSC 2013. Jumlah ini sangat signifikan dibanding peserta negara lain hanya 4 - 6 siswa. Siswa – siswa yang terpilih nantinya akan mengikuti 2 macam lomba, yaitu :

1   1.  Lomba Poster Penelitian Ilmiah (Poster Presentation), pada lomba ini dinilai semua           karya ilmiah dari masing-masing peserta yang penelitiannya sudah dilakukan sebelumnya di     negara masing-masing.


2   2.  Lomba Kerjasama Team (Teamwork Presentation), pada lomba ini, tantangan akan             diberikan sesaat setelah pembentukan team yang terdiri dari gabungan siswa-siswa                   berbagai negara. Semua tem diberi kesempatan 2x24 jam untuk menyelesaikan tantangan       tersebut dan mempresentasikannya di depan juri.
d
Y


Tidak ada komentar:

Posting Komentar