Selamat Datang di situs resmi Olimpiade PeneMu (Peneliti Muda) 2013

Aturan Lomba


Lomba
  1. Babak penyisihan dilakukan oleh dewan juri dengan menelaah makalah penelitian.
  2. Peserta yang lolos Babak Penyisihan akan diumumkan melalui website olimpiade penemu pada awal November 2013 dan melanjutkan ke Babak Semi Final dalam bentuk Pameran Poster Penelitian (acara ini terbuka untuk umum pada 20 November 2013)
  3. Pengumuman peserta yang lolos ke babak final akan dilakukan pada 20 November 2013 sore di lokasi Pameran Poster.
  4. Pada babak Final tanggal 21 November 2013, peserta mempresentasikan secara langsung penelitiannya di hadapan dewan juri.

Ketentuan Umum Lomba

  1. Setiap sekolah dapat mengirimkan maksimal 5 penelitian (dengan surat pengantar dari sekolah).
  2. Peserta adalah pelajar SMA/SMP/SMK/MA/MTs berusia usia 13-19 tahun pada tanggal 1 April 2013.
  3. Penelitian dapat dilakukan secara perorangan maupun berkelompok (maksimal anggota kelompok berjumlah 2 orang).
  4. Penelitian adalah salah satu dari bidang ilmu berikut : Matematika & Fisika (MF), Ilmu Komputer & Teknologi (IKT), Ekologi (EK) ( yang termasuk Ekologi adalah Biologi, Kimia, Kedokteran, Lingkungan, Psikologi ).
  5. Setiap peserta/kelompok wajib mengirimkan abstrak penelitian dan makalah penelitian.
  6. Peserta yang masuk ke babak final wajib mempresentasikan hasil penelitian yang dikirimkan tersebut di depan dewan juri.
  7. Menyertakan pernyataan bahwa karya yg dikirim adalah hasil penelitian siswa yang bersangkutan. Ditanda tangani oleh kepala sekolah.

Ketentuan untuk Abstrak

  1. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia (disarankan dalam Bahasa Inggris).
  2. Abstrak dibuat maksimal 1 halaman A4, tipe huruf: Times New Roman (12pt - spasi 1,5), margin kiri: 2 cm, kanan: 2 cm, atas: 2 cm, bawah: 2 cm.
    Contoh : CONTOH_ABSTRACT.doc
    Form Abstract Olimpiade PeneMu : FORM_ABSTRACT_OlimpiadePeneMu_2013.doc
  3. Kirimkan abstrak dalam bentuk file softcopy ke email panitia : duniaku_pintar@yahoo.com selambatnya 30 Oktober 2013. Panitia akan membalas email sebagai konfirmasi penerimaan abstrak.
  4. Penamaan file abstrak sebagai berikut :
    Abstrak_bidang penelitian_nama sekolah_nama salah seorang peserta.doc
    (contoh : Abstrak_Matematika_SMAN8 Surabaya_Rizal Ramli.doc).

Ketentuan untuk Makalah

  1. Makalah ditulis dengan menggunakan metoda ilmiah.
  2. Makalah ditulis dalam bahasa Indonesia ( Disarankan dalam Bahasa Inggris ).
  3. Makalah diketik dengan menggunakan :
    1. kertas ukuran: A4 (5 -25 halaman)
    2. tipe huruf: Times New Roman (12pt - spasi 1,5)
    3. margin kiri: 2 cm, kanan: 2 cm, atas: 2 cm, bawah: 2 cm
  4. Makalah penelitian dikirimkan ke panitia dalam 2 bentuk yaitu :
    1. Hardcopy sebanyak 6 eksemplar (dijilid soft cover saja) dikirim melalui pos ke alamat Sekretariat Panitia
    2. Softcopy (file digital) dalam format Word dengan penamaan file sebagai berikut :
      Makalah_bidang penelitian_nama sekolah_nama salah seorang peserta.doc
      (contoh : Makalah_Matematika_SMAN8 Surabaya_Rizal Ramli.doc).
  5. Makalah dalam bentuk hardcopy dan softcopy diterima oleh panitia selambatnya 30 Oktober 2013.

Ketentuan Poster 

    1.  Ukuran Poster : Tinggi = 100 cm dan Lebar = 80 cm (potrait)
    2.  Bahan poster bebas : MMT, PVC atau Photo Paper
    3.  Bahasa : Indonesia (Disarankan menggunakan Bahasa Inggris)
    4.  Waktu Presentasi : 4 menit presentasi dan 3 menit tanya jawab
    5.  Juri : semua mentor (guru) yang mewakili sekolah dan Juri dari BPPT, UNDIP dan                                Duniaku Pintar.
    6.  Peserta diperbolehkan membawa prototipe/sampel hasil penelitiannya untuk                                memudahkan penjelasan ke dewan juri.
    7. Bila peserta membutuhkan meja untuk menempatkan peralatan dimohon menghubungi                Duniaku Pintar, CP : Eri 081914555065 / 081390183876


Ketentuan untuk Presentasi di Babak Final
  1. Peserta yang melakukan presentasi adalah peserta yang mengirimkan makalah dan abstrak ke panitia pada babak penyisihan.
  2. Waktu untuk presentasi untuk setiap penelitian adalah 10 menit dan dilanjutkan 5 menit untuk tanya jawab dengan dewan juri.
  3. Presentasi menggunakan bahasa Indonesia (disarankan dalam Bahasa Inggris ) baik dalam menyampaikan presentasi maupun pada alat dukungan presentasi (Power Point dll).
  4. Peserta dipersilahkan untuk membawa alat peraga yang dibutuhkan.
  5. Panitia menyediakan media untuk presentasi seperti komputer/laptop dan proyektor.
  6. Pada saat Daftar Ulang sebelum acara final dimulai, setiap penelitian memasukkan file Power Point ke komputer/laptop milik panitia (walaupun peserta menggunakan sendiri laptopnya untuk berpresentasi)
Surat Pernyataan :  klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar